Tingkatkan Sektor Pendidikan, Gubernur Rohidin Suport Unib

231

Universitas Bengkulu kini telah berusia 40 tahun, sebuah usia yang menggambarkan kematangan juga keluasan wawasan dan pengetahuan yang artinya sanggup untuk memikul beban dan tanggung jawab dengan sangat baik.

Menghadapi permasalahan yang semakin kompleks, diperlukan sinergi dan kolaborasi antar stakeholder baik di dalam maupun di luar Provinsi Bengkulu. Untuk itu Unib ke depan diharapkan mampu bertransformasi menjadi sebuah pilar pembangunan di Provinsi Bengkulu.

“Unib akan menjadi perguruan tinggi yang mampu mengakselerasi berbagai perubahan dan tuntutan zaman serta mengahasilkan lulusan yang berkualitas yang siap bersaing di dunia profesional. Saya percaya Unib mampu mengemban tugas besar,” ungkap Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dalam sambutannya pada Sidang Terbuka Senat Universitas Bengkulu Dalam Rangka Dies Natalis Universitas Bengkulu ke-40, Senin (25/4/2022).

Gubernur Rohidin sendiri memiliki komitmen untuk memajukan Universitas Bengkulu. Di mana Pemerintah Provinsi Bengkulu telah menghibahkan lahan eks. Rumah Sakit Lama yang berlokasi di Padang Harapan Kota Bengkulu kepada Universitas Bengkulu untuk dibangun sebagai Kampus 4 yang terintegrasi dengan Rumah Sakit Pendidikan Unib.

Menurut Rohidin dengan adanya pembangunan tersebut akan menjadi sangat bermanfaat, tidak hanya sebagai fasilitas pendidikan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, tetapi juga bagi masyarakat Bengkulu.

“Mendorong agar Unib bisa berkembang menjadi sebuah universitas kelas dunia kita menghibahkan lahan di kawasan Padang Harapan, juga kita kolaborasikan dari sisi penganggaran untuk dibangun menjadi kawasan rumah sakit pendidikan yang terpadu dengan fakultas kedokteran dan kesehtan,” jelas Gubernur Rohidin.

Selain lahan Padang Harapan, Gubernur Rohidin juga menginisiasi hibah lahan HGU bagi pengembangan fakultas pertanian Universitas Bengkulu guna mengembangkan laboratorium lapangan serta riset pertanian.

“Sudah kita inisiasi ada lahan HGU sebuah perkebunan di wilayah Bengkulu Tengah seluas 150 Ha, kita alokasikan untuk Unib, karena kami melihat fakultas pertanian membutuhkan lahan yang luas untuk laboratorium lapangan, di samping kegiatan research yang sifatnya implementatif operasional ini sangat dibutuhkan dalam bentuk kerjasama antara Unib, Pemprov dan Kabupaten/Kota,” papar Gubernur Rohidin.

Pada Sidang Terbuka Senat Universitas Bengkulu Dalam Rangka Dies Natalis Universitas Bengkulu ke-40 ini Rektor Universitas Bengkulu Retno A. Ekaputri menyerahkan Penghargaan Rektor Award kepada Dekan, Dosen serta Tenaga Pendidik. Selain itu juga dilakukan Orasi Ilmiah oleh Menteri Sekretaris Negara RI Pratikno dan Ilmuwan Muda Fakultas Teknik Universitas Bengkulu.