Biaya Terjangkau, Kuliah Di UT Bisa Tembus 7 Semester

167

Bengkulu Utara,Pakarnews.Id  – Universitas Terbuka (UT) bisa menjadi salah satu kampus bisa dijadikan pilihan tepat untuk lanjut studi. Selain sistemnya yang unik, biaya kuliah Universitas Terbuka juga sangat terjangkau

UT sendiri menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh sehingga lebih terbuka dan fleksibel.UT memiliki sistem terbuka yakni tidak ada pembatasan usia, tahun ijazah, masa belajar, waktu registrasi, dan frekuensi mengikuti ujian.

Dwi Nurbansyah Putra

Salah satu mahasiswa S1 ilmu hukum UT berasal dari kabupaten Bengkulu Utara yakni Dwi Nurbansyah Putra menyebutkan dirinya hanya menyelesaikan studinya selama 7 semester di program studi fakultas Hukum, ilmu sosial dan ilmu politik (FHISIP) dengan IPK 3,59.

Dwi juga menjelaskan biaya kuliah di UT sangat terjangkau dan mengakui sudah 3 kali pindah kampus untuk menyelesaikan kuliah S1, namun akhirnya tuntas dengan nilai memuaskan di Universitas Terbuka.

“ saya mulai di UT dari semester pertama dan tuntas di semester 7. Jujur saja saya sudah kandas di 2 kampus dan nyaris ogah untuk melanjutkan pendidikan S1 saya, namun saat masuk UT semangat saya kembali timbul dan biaya kuliah di UT sangat terjangkau, proses belajar mengajarnya fleksibel sehingga dapat belajar sambil bekerja bahkan tanpa ada mata kuliah saya yang mengulang“ ujar Dwi

Kepala Sentra Layanan Universitas Terbuka (SALUT) Bengkulu Utara yakni Alni, S.PKP juga menambahkan bnyak mahasiswa kita yang tergabung di SALUT BENGKULU UTARA  menyelesaikan S1 nya selama 7 semester, ini dimungkinkan karena mereka mengambil bukan paket semester (non sipas), dimana jumlah sks yang diambil mulai semester ke 3 boleh lebih dari 20 sks tetapi tidak boleh lebih 24 sks, sementara disemester 1 dan semester 2 tidak boleh lebih dari 20 sks.

Mahasiswa kita bantu untuk Menyusun mata kuliahnya persemester supaya mereka bisa selesai disemester ke 7. Akan tetapi jumlah sks yang diambil juga disesuaikan dengan kemampuan mahasiswa dari kesanggupan belajarnya dan keuangannya, karena semakin banyak sks yang diambil dalam satu semester jumlah SPP semakin tinggi.

“ Kami SALUT BENGKULU UTARA akan membantu setiap mahasiswa agar dapat menyelesaikan kuliahnya tepat waktu “ tutup Alni, S.PKP