Pemdes Desa Air Merah Adakan Kegiatan Pelatihan Ketahanan Pangan Tahun 2024

136

Bengkulu Utara, Pakarnews Id – Pemdes Desa Air Merah Kecamatan Arma Jaya Kabupaten Bengkulu Utara adakan kegiatan Pelatihan Ketahanan Pangan Tahun 2024 yang diikuti peserta perangkat Desa Air Merah (27/06/24).

Kegiatan berlangsung di Kantor Desa Air Merah yang dihadiri oleh Kepala Desa, Kasi PMD Kecamatan Arma Jaya, PPL Kecamatan Arma Jaya sekaligus sebagai narasumber kegiatan, Perangkat Desa, yang mana kegiatan berlangsung dengan lancar.

Pelatihan ketahanan pangan terkait dengan peternakan di Desa dalam pengelolaan ketahanan pangan nabati dan hewani di desa Air Merah, penguatan ketahanan pangan berarti meningkatkan akses masyarakat miskin terhadap pangan sehingga mereka dapat hidup produktif untuk dapat meningkatkan status kehidupan ekonominya sehingga perlu stimulan berupa pelatihan yang menunjang penguatan ketahanan pangan di tingkat desa.

Minimal 20% dari penggunaan dana desa diutamakan untuk mendukung penguatan ketahanan pangan nabati dan hewani, langkah yang dapat dilakukan dalam pemanfaatan Dana Desa untuk ketahanan pangan antara lain: memastikan program/kegiatan disepakati dalam musdes, masuk dalam RKP Desa dan APB Desa, serta RKP Desa dan APB Desa dipublikasikan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Acara dibuka dengan Sambutan Kepala Desa Air Merah, Menjelaskan bahwa Pelatihan Peternakan pada hari ini untuk menyegarkan kembali pengetahuan Ketahanan Pangan Desa Air Merah. Diharapkan peserta dapat dengan serius mengikuti pelatihan pada hari ini dan dapat di terapkan dengan baik kepada lapisan lainnya.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan narasumber secara teori, dalam hal ini narasumber PPL dari Kecamatan Arma Jaya Sularyo, memaparkan beberapa teori cara beternak yang baik, mulai dari cara memberikan makan kepada ternak bebek dan itik, cara yang baik untuk menjaga kesehatan ternak dan untung rugi jika kita beternak hewan Seperti , beternak bebek dan itik

Kepala Desa Air Merah, Dahari dalam sambutanya beliau mengatakan, “Alhamdulillah kegiatan hari ini berjalan dengan lancar, dan semoga apa yang telah di bahas akan bermanfaat dan bisa segerah kita terapkan pada desa kita ini”, ucapnya.(Adv/heri)