Polres MM Gencar Laksanakan Patroli Untuk Beratas Pungli dan Premanisme

2202

MUKOMUKO– Menindaklanjuti perintah Kapolri mengenai pemberantasan premanisme dan pungli, Polres Mukomuko semakin aktif menggelar patroli di wilayah-wilayah rawan premanisme dan pungli.

Salah satu wilayah kerap kali dilaporkan masyarakat Kabupaten Mukomuko rawan pungli ialah di jembatan rusak abrasi. Anggota Samapta Polres Mukomko dipimpin oleh Aipda Verdie Andika bersama dengan 8 anggota lainnya langsung menuju TKP pada Sabtu (12/06/2021).

Sesampai dilokasi, anggota tidak menemukan praktek pungli. Namun beberapa masyarakat yang mengaku menjaga jembatan tersebut diingatkan secara tegas untuk tidak menarik iuran kepada warga yang melintasi jembatan tersebut.

“imbauan kepada penjaga jembatan agar tidak melakukan pungli serta memberikan pesan-pesan Kamtibmas kepada masyarakat,” tulis Aipda Verdie dalam laporannya.

Sementara itu, lokasi jembatan yang sudah usang ini sering dijadikan tempat nongkrong dan memadu kasih pemuda-pemudi Kabupaten Mukomuko. Perbuatan ini mengundang para pelaku pemerasan untuk melancarkan aksinya dengan dalih akan melaporkan kepada masyarakat perbuatan mesum korban.

Menghindari hal tersebut, pasukan backbone sapaan akrab anggota Samapta terus aktif melakukan patrol dan mengingatkan masyarakat sekitar. Terkhusus untuk muda-mudi, petugas tidak segan untuk membubarkan dan memerintahkan untuk langsung pulang kerumah masing-masing.