PEMERINTAH DESA NENGGALO UNDANG TEAM TEKNIS , KETAHANAN PANGAN DAN HEWANI 20% DARI DD SEGERA DI SALUR KAN

180

Mukomuko,Pakarnews.id – Kamis (28-07-2022) pemerintahan Desa Nenggalo Kecamatan Terramang Jaya Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu mendatang kan teknis Pelatihan bimbingan budaya hewan ternak (kambing). drh, Zairan Arifin yang bertugas di UPTD puskesmas Kecamatan Penarik, Dalam rangka mengisi teknis program ketahanan pangan hewani, dari anggaran dana desa tahun 2022.

Drh, Zairan Arifin memberikan ilmuan atau materi tentang perkembang biakan ternak, dan penyakit yang retan terjadi di ternak, seperti penyakit mulut dan kuku(PMK)

Dalam rangka mengantisipasi dan pencegahan penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak yang saat ini sedang viral dan penyebaran sangat cepat sekali, Pemerintah Desa nenggalo Kecamatan teramang jaya bekerja sama dengan dinas Kesehatan Hewan Kecamatan penarik dan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten mukomuko, mengadakan Sosialisasi terkait, tata cara perkembangan ternak dan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Desa nenggalo pada hari kamis tanggal 28 juli 2022 di aula kantor desa nenggalo.

Kepala Desa nenggalo safrianas menyampaikan “Maksud dan tujuannya adalah agar masyarakat terutama para peternak hewan seperti sapi dan kambing bisa memahami apa itu PMK dan bagai mana cara memperkembang biakan nya dan apa tindakan yang harus diambil apabila ada hewan ternak yang terjangkiti PMK tersebut.

Mudah mudahan dengan adanya kegiatan tersebut seluruh peternak khususnya di warga Desa nenggalo bisa mencegah dan menanggulanginya secara dini”.jelas safrianas

Seperti yang dijelaskan oleh team kesehatan hewan dan ternak gejala klinis ketika hewan ternak terdampak penyakit tersebut akan menyebabkan kepincangan,nyeri luka lepuh pada mulut dan kuku, air liur berlebih dan nafsu makan turun dan lesu ,juga dampak penyakit terhadap hewan pertumbuhan berat badan menurun dll. Serta team kesehatan juga menerangkan beberapa tindakan yg harus di lakukan apabila terjangkit penyakit tersebut terjadi dan segera lah melapor kan kepada dokter hewan agar dapat di tindak lanjuti. Imbuh safrianas

Lanjut, Dengan telah terlaksana nya sosialisai/ penyuluhan tetang peternakan ini, pemerintah desa nenggalo akan segera menyalur kan program ketahanan pangan dan hewani dari sumber anggaran dana desa DD desa nenggalo.

Yang mana program tersebut mengikuti perpres 104 tahun 2021 tentang rincian APBN tahun 2022, pemerintahan desa nenggalo mengalokasi kan hewan ternak tersebut melalui kelompok desa, yang mana desa nenggalo terbagi menjadi enam kelompok, terang safrianas.

Safrianas juga menjelas kan pemerintah desa nenggalo mengalokasi hewan ternak tersebut melalui enam kelompok, dengan enam kelompok ini masing masing kelompok mendapat kan 10 ekor kambing agar dapat di kembang biakan oleh masyarakat melalui kelompok masing masing, total keseluruhan hewan ternak berupa kambing tersebut yang akan kita salur kan kepada enam kelompok 60 ekor kambing, ukap safrianas.

Harapan safrianas, dengan ada nya program hewani kambing tersebut, masyarakat bisa merawat dan menjaga nya agar dapat sedikit terbantu ekonomi nya nati, dan apa yang di sampai team teknis hewani drh, zairan arifin tadi agar dapat di perguna kan ilmu nya dan di manfaat kan.tutup safrianas.(Adv/Rudi)