Pemdes Desa Tanjung Raman Laksanakan Pelatihan Menuju Transformasi Digital Tahun 2022

326

Bengkulu Utara, Pakarnews.Id – Pemerintah Desa Tanjung Raman Kecamatan Argamakmur Kabupaten Bengkulu Utara melaksanakan pelatihan perangkat desa untuk Transformasi dunia teknologi informasi yang begitu pesat membuat hampir semua sektor kehidupan tidak terlepas dari sistem digital. Mulai dari urusan pribadi dari bangun hingga tidur kembali maupun urusan umum di berbagai tempat. Salah satu sektor yang vital yang juga dituntut perlu bertransformasi dengan dunia digital yaitu sektor Pemerintahan Desa hari ini Rabu, (22/12/2022).

Beberapa permasalahan birokrasi pelayanan di Indonesia seperti pelayanan yang berbelit-belit, pelayanan yang memakan waktu lama, dan dokumen atau arsip yang begitu banyak benar-benar mempengaruhi kualitas kinerja pemerintahan desa.

Maka dari itu, sejak tahun 2022 Desa tanjung Raman mulai melaksanakan pelatihan bertransformasi ke arah digital melalui pelatihan denga Nara sumbe dari pihak PT.PPTN, dalam hal ini di wakilkan oleh pihak PT. PPTN yaitu saudara, Riski Arsandi, Dengan dilaksanaknya pelatihan ini bertujuan agar pemdes desa lebih cepat mengerti dunia berbasis digital ini

Kepala Desa Tanjung Raman Edi Supardi, Menjelskan Guna pelatihan ini  untuk meningkatkan kecepatan kerja Kecepatan kerja ini yang biasanya ditempuh dari waktu 1 jam hingga 5 hari, kini dengan sistem teknologi yang terintegrasi dari Digides kecepatan pelayanan bisa ditempuh dengan waktu 1-5 menit saja.

Peningkatan Kualitas Data dan Layanan

Adapun 3 aspek yang menjadi fokus pelayanan Digides adalah:

Peningkatan Kecepatan Kerja

Kecepatan kerja ini yang biasanya ditempuh dari waktu 1 jam hingga 5 hari, kini dengan sistem teknologi yang terintegrasi dari Digides kecepatan pelayanan bisa ditempuh dengan waktu 1-5 menit saja.

Peningkatan Kualitas Data dan Layanan

Lanjutnya, Digides menawarkan kualitas data dan layanan berbasis smart system. Segala fitur yang ada otomatis bekerja untuk mengelola data dan memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. Hal ini tentunya juga sangat mempermudah pekerjaan aparatur pemerintahan desa dalam setiap aktivitas pelayanan dan administrasi.

Peningkatan Penyebaran Informasi Kepada Masyarakat

Penyebaran informasi di desa yang biasanya masih terbatas dari mulut ke mulut kini dapat ditingkatkan melalui sistem digital yang dapat menjangkau jaringan tak terbatas. Sehingga penyebaran informasi terkait pelayanan desa, potensi wisata desa, UMKM desa, dan semacamnya dapat dilakukan dengan mudah dan cepat

Dalam kegiatan pelatihan ini terlihat hadir Camat Kota Argamakmur, KADES, SEKDES Beserta perangkan dan tamu lainya. (Adv/Heri)