Bupati Bengkulu Utara Sampaikan Usulan Pembangunan Inprastuktur Ke DPR.R.I

302

Bengkulu Utara – Setelah Bupati Kabupaten Bengkulu Utara, Ir.H.Mian beserta rombongan menyambut kedatangan Anggota Komisi V DPR RI yang dipimpin Hj. Sadarestuwati, SP, MMA,  didampingi oleh, Dra. Sri Rahayu, Drs. Hamid Noor Yasin, MM, dan Ir. Eddy Santana Putra serta mitra kerja Komisi V DPR RI Ditjen SDA, Ditjen Bina Marga, dan Kemendes PDTT,  Kementerian PUPR, Direktur preservasi wilayah I ir. Akhmad Cahyadi M. Eng.SC, Kepala Balai  pelaksanaan Jalan Nasional Bengkulu ir. M.Diantoro Murod MM, di bandara Fatmawati pada kamis siang (18/11/2021).

Dilanjutkan Peninjauan infrastruktur di Bengkulu Utara. Mulai dari jalan di pinggir Pantai desa Tebing Kandang Kecamatan Air Napal, jalan pantai Urai Kecamatan Ketahun yang diketahui kondisinya saat ini telah abrasi yang sudah menghawatirkan menggerus jalan Lintas Barat Sumatera. Perjalanan tim dilanjutkan ke kawasan Kota Terpadu Mandiri Lagita Kecamatan Ketahun. Mengigat waktu sudah masuk malam hari serta tim yang sudah kelelahan   untuk rete-rute selanjutnya tidak dilanjutkan, sehingga di lakukan pertemuan di balai daerah kecamatan kota Arga Makmur.

Dalam pertemuan tersebut, Bupati Ir.H.Mian, mengatakan, dihadapan undangan yang hadir, bahwa kunjungan kerja spesifik DPR-RI komisi V dalam rangka meningkatkan infrastruktur daerah ini, merupakan pertama kalinya sepanjang sejarah kabupaten Bengkulu Utara. Hal ini merupakan buah upaya pemerintah daerah dalam berkaborasi dan berkoordinasi ke pusat sehingga dapat menghadirkan DPR RI. Terlebih, Provinsi Bengkulu saat ini belum memiliki anggota DPR RI di komisi V.

“Saya meminta dan berharap banyak kepada Komisi V DPR RI dan rombongan untuk dapat merespon cepat dan mengatasi permasalahan jalan di lintas Barat Sumatera ini. Pandemi Covid-19 berdampak pada bergesernya prioritas penganggaran dari penanganan infrastruktur yang dialihkan untuk penanganan dampak Covid-19. Jalan-jalan bernilai strategis yang menghubungkan obyek-obyek wisata dan pusat ekonomi masyarakat tentu harus diperhatikan. Ketidaksanggupan fiskal keuangan daerah imbas dari gesernya prioritas penganggaran, tentu harusnya menjadi kewajiban pemerintah pusat untuk menyikapi hal ini,” papar Bupati.

Lanjut Bupati, Bengkulu Utara mengusulkan beberapa program prioritas melalui proposal untuk dapat dibangun oleh pemerintah pusat, khususnya dibidang sarana dan prasarana pendukung ekonomi masyarakat. Proposal tersebut diserahkan secara langsung malam ini juga, kepada Komisi V DPR RI, Kementrian PUPR, dan Kementerian Desa & Transmigrasi, tutup Bupati

Menanggapi penjelasan Bupati Ir.H.Mian, Komisi V DPR RI Hj. Sadarestuwati, SP mengatakan semua usulan yang disampaikan akan disupport dari pusat secara berkala dengan mitra – mitra kementrian. Dengan kunjungan secara langsung ke beberapa titik lokasi infrastruk yang sudah di jelaskan Bupati tadi, harapan kita dapat cepat terwujud dari usulan – usulan yang ada tersebut.

“Melihat secara langsung kondisi di lapangan serta mendengarkan paparan pak Bupati, skala prioritas yang harus segera ditindaklanjuti yakni menyelesaikan status jalan, percepat preservasi jalan dengan status rusak berat, terkait abrasi. Harapan kami untuk Kemendes agar cepat menyelesaikan wilayah kota terpadu dan mandiri itu,” tandasnya.

Acara di tutup hingga pukul 21 : 36 Wib, dengan hiburan tembang-tembang lagu kenangan dari tim Komisi V DPR RI serta rombongan selama melakukan kunjungan kerja spesifik di Kabupaten Bengkulu Utara. .(Heri/Adv)