Pemprov Bengkulu Kawal Rencana Pembangunan Bengkulu Ke Bappenas

201

Pemerintah Provinsi Bengkulu terus mengawal usulan program pembangunan yang telah disetujui dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2023. Setidaknya, terdapat 29 program yang disetujui saat Musrenbangnas beberapa waktu lalu.

“Tol itukan Proyek Strategis Nasional yang keberlanjutannya sangat kita harapkan, maka saat konsultasi publik rancangan perubahan Perpres terkait percepatan pembangunan tol Sumatera kita sampaikan aspirasi kita, agar terakomodir,” kata Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, Sabtu (4 Juni 2022).

Selain soal tol, lanjut gubernur, Pemprov Bengkulu juga mengawal program pembangunan yang sudah disetujui dalam RKP 2023. Dirinya bersama Kepala Bappeda dan Kadis PUPR Provinsi Bengkulu, melakukan audiensi ke Bappenas.

“Kita sampaikan bahwa Bengkulu membutuhkan dukungan dari pemerintah pusat, karena memang celah fiskal kita sangat terbatas,” terang Rohidin.

Dalam kesempatan berbeda, Kepala Bappeda Provinsi Bengkulu Isnan Fajri menegaskan ada beberapa poin program pembangunan untuk Provinsi Bengkulu yang disampaikan dalam audiensi ke Bappenas. Pertama soal pembangunan ruas tol Tabapenanjung Kepahiang, kemudian tentang SPAM regional Kobema tahap II atau lanjutan, dan ketiga program pemulihan ekonomi.

“Agar dukungan melalui DAK 2023 berlanjut untuk SPAM Kota Bengkulu Benteng dan Seluma, pembanguan jaringan SPAM ini juga penyediaan kebutuhan dasar bagi masyarakat,” demikian tutup Isnan.