Pilkades Serentak Tahun 2022 Desa Bunga Tanjung di Banjiri Peminat

439

Mukomuko,Pakarnews – SabtuTangal 26-03-2022 hasil pantauan awak media di sekretariat pilkades Desa Bunga Tanjung Kecamatan Teramang Jaya Kabupayen Mukomuko Sekitar pukulja 21.oo Wib, terlihat panitia pilkades desa bunga tanjung sibuk dengan perlengkapan berkas balon Cakades.

Dalam pantauan terhimpun, M. Sanusi selaku ketua panitia pilkades desa bunga tanjung menjelas kan, sa,at ini yang telah mendaftar kan diri cakades di desa bunga tanjung sebanyak enam (6) orang atas nama.
1. Ali Markis
2. Edi Firmasyah
3. Eri Supardi
4. Fendrianto
5. Kafrudi.
6..MUKTI AlI.
Dengan jumlah 6 orang yang telah mendaftarkan ini akan di ambil lima orang sesuai aturan yang berlaku dan satu orang dari enam tersebut akan ter eliminasi, beber. M. Sanusi.

Ketika hubungi wartawan Pakarnews, Camat Teramang Jaya Abdul Hadi.S. Sos juga menjelas kan, apa bila ada balon cakades desa yang yang lebih dari lima maka akan mengikuti peraturan permendagri, perda dan perbup. Permendagri nomor 112 dan perubahan permendagri nomo 65 tahun 2016 tetang pilkades.ukap abdul hadi.

Lanjut Camat, Dan juga mengikuti perda 2 tahun 2015 perda 5 tahun 2016 dan perda 7 tahun 2021, dan juga mengikuti peraturan bupati(PERBUP) perbub 5 tahun 2016 perbup 14 tahun 2018 dan perbup 25 tahun 2021. Abdul hadi juga menjelas kan apabila cakades kurang dari satu maka pilkades desa tersebut di tunda, Apa bila cakades lebih dari lima, maka akan di ada kan seleksi tambahan.
Seleksi tambahan tersebut ada 4 aitem.,
1..seleksi usia
2..seleksi pengalaman kerja
3..seleksi pendidikan
4..seleksi tertulis
Dalam empat seleksi tersebut tiga di antara nya di laksanakan oleh panitia pilkades tingkat desa yaitu, seleksi usia, seleksi pengalaman kerja dan seleksi pendidikan. satu diantara empat di laksanakan panitia pilkades tingkat kabupaten, yaitu seleksi ujian tertulis. Tutup Abdul Hadi.(Rudi)