Rakor Forum TERPRA Provinsi Bengkulu Mukomuko Jadi Tuan Rumah

159

Mukomuko,Pakarnews – Pemerintah Kabupaten Mukomuko jadi tuan rumah pembentukan TEPRA ( Tim Evaluasi Realisasi Anggaran ) Provinsi Bengkulu. Pembentukan forum TERPRA Seprovinsi Bengkulu yang bertepatan dengan rakor TERPRA Seprovinsi si Bengkulu di gelar di ruang rapat lantai II Kantor Bupati Mukomuko Kamis 10)3/2022

Bertepatan dengan rakor TERPRA Seprovinsi Bengkulu di gagas Biro Adminitrasi Pembangunan Provinsi Bengkulu dan kabupaten Mukomuko sebagai tuan rumah. Bertepatan hari ini juga sekaligus pembentukan Forum TERPRA Provisi Bengkulu, Terang Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Sekda kabupaten Mukomuko Drs. H. Bustari Maler.

Rakor dan Pembentukan Forum TERPRA Di buka oleh Pj Sekda Mukomuko Drs Yandaryat di dampingi Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Drs.H.Bustari Maler, dan Kabag Adminitrasi Pembangunan, Sirat Purnam.

dalam kegiatan ini turut hadir juga, Kabag Pelaporan Pelaksana Pembangunan Biro Adminitrasi Pembangunan Sekdaprov Bengkulu, Ilse.Se.MM dan utusan pejabat TERPRA Kabupaten/ kota se Provisi Bengkulu.l, Kecuali Kabupaten Rejang Lebong, Seluma dan Kepahiyang.
” Peserta Rakor melibatkan pejabat pengelola TERPRA dari masing- masing Kabupaten kota Dari 10 Kabupaten kota 7 diantaranya yang hadir” ungkap Bustari

Administrasi Pembangunan Setdaprov Bengkulu, Ilse, SE.,MM dan utusan pejabat TEPRA kabupaten/kota se Provinsi, kecuali Rejang Lebong, Seluma dan Kepahiang.

“Peserta Rakor melibatkan pejabat pengelola TEPRA dari masing-masing kabupaten kota. Dari 10 kabupaten kota, 7 diantaranya berkesempatan hadir,” ujar Bustari Maler.

Dijelaskan, tujuan dari pelaksanaan Rakor untuk menyamakan persepsi dalam pengelolaan TEPRA, sebagaimana yang diatur sesuai Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 20 Tahun 2015 tentang TEPRA. Ditegaskan Bustari, sistem pengelolaan TEPRA di masing-masing daerah perlu dimaksimalkan untuk optimalisasi percepatan penyerapan anggaran. Dimana, TEPRA merupakan bagian penting dalam hal mengontrol realisasi kerja dan serapan anggaran pemerintah, baik di tingkat pusat, provinsi maupun kabupaten/kota.

Senada disampaikan Kabag Administrasi Pembangunan Setdakab Mukomuko, Sirat Purnama. Terkait pembentukan Forum TEPRA, kata Sirat, bertujuan untuk mempermudah koordinasi antara masing-masing daerah. Dimana, Forum TEPRA langsung di bawah kendali Biro Administrasi Pembangunan Setdaprov Bengkulu.

“Forum TEPRA ini untuk mempermudah koordinasi. Dengan harapan; melalui pemantauan TEPRA yang berjalan maksimal, serapan anggaran di tengah. pandemi tetap dapat dioptimalkan. Muara dari optimalisasi penyerapan anggaran pemerintah, membantu percepatan pertumbuhan ekonomi masyarakat,” jelasnya.

Dalam Rakor ini, Kabag Pelaporan Pelaksanaan Pembangunan Biro Administrasi

Pembangunan Setdaprov Bengkulu, Ilse, SE.,MM menyampaikan bahwa pelaksanaan Rakor TEPRA se Provinsi, bagian dari upaya untuk mengoptimalkan serapan anggaran di masing-. masing daerah. Ia berharap, tim TEPRA masing-masing kabupaten maupun kota, lebih cermat dalam melakukan update informasi mengenai TEPRA.

“Rakor ini untuk optimalisasi percepatan serapan anggaran. Dan juga untuk menyamakan persepsi, berbagi informasi serta memberikan solusi berkaitan pengelolaan TEPRA di Provinsi Bengkulu,” ungkap Ilse. (Rudi/adventorial Kominfo)