PEMDES BUNGA TANJUNG MENGHADIR KAN TEAM TEKNIS KETAHANAN PANGAN HEWANI, DAN SEKALIGUS PENYERAHAN BIBIT TERNAK SAPI.

236

Mukomuko,Pakarnews.id – Pemerintahan desa bunga tanjung, kecamatan teramang jaya, kabupaten mukomuko, provinsi bengkulu melaksana kan teknis pengembalaan ternak sapi kepada masyarakat melalui kelompok yang telah terbentuk beberapa tempo hari Yang lalu.

Dalam rangka melaksana kan teknis pengambalaan hewani (sapi) di terang kan langsung oleh DRH DEDE INDRA yang ber alamat desa pulai payung kecamatan ipuh Kabupaten mukomuko di aula kantor desa bunga tanjung jumaat 02-09-2022.

Dede indra menjelas kan tentang pengembalaan ternak sapi, mulai dari tentang Menejemen pemeliharaan Nya, kesehatan dan serta cara reproduksi nya kepada masyarakat melalui kelompok ketahanan pangan dan hewani di desa bunga tanjung.

Dede indra menerangkan tetang Menejemen pemeliharaan
1. Pengembangan sapi secara EKSTENSIF
2. Pengembangan sapi secara INTESIF
3. Pengembangan sapi secara semi INTESIF.
Dede indra juga menerang kan tentang kesehatan.
1..PMK
2..jembrana
3..Cacingan
4..Flu tulang/BEF
5..Diare ganas pada anak sapi
6..keguguran
7..Radang ambing.
dan juga di jelas kan oleh dede indra tetang reproduksi tentang ternak sapi.
1. Sapi gelisah
2. Keluar lendir dari kelamin
3. Vulva bengkak
4. Tidak mau makan
5. Sering menguak atau melenguh..tutp dede indra.

di hari yang sama, kades desa bunga tanjung FENDRIANTO secara sembolis menyerah kan 8 ekor hewan ternak sapi kepada warga desa bunga tanjung, melalui EMPAT kelompok ketahanan pangan dan hewani,

fendrianto menerangkan, Dengan delapan ekor sapi tersebut dengan sumber angaran dana desa DD tahun 2022, di peruntukan utuk ketahanan pangan dan hewani.

kepada Empat kelompok hewani Yang menerima ketahanan pangan dan hewani tersebut dapat mengembala nya dengan baik sebaik baik nya, dan apa yang di sampai kan oleh team teknis yang telah kita datang kan, agardapat menjalani nya dan menfaat kan ilmu nya dengan baik, ukap fendrianto.

Lanjut.. Program pemerintah pusat melalui pemerintah desa dengan angaran dana desa DD tentang ketahanan pangan dan hewani tersebut dapat di kembang biakan dan berkelanjutan, jelas fendrianto.

Fendrianto juga Mengucapkan terima kasih kepada DRH DEDE INDRA berserta angota nya yang telah menyepat kan hadir sekaligus telah memberi ilmu nya tetang cara mengambala sapi yang baik. Tutup fendrianto.

dalam rangka acara sosialisai ketahanan pangan dan hewani, sekaligus penyerahan ternak sapi Kepada kelompok dengan di hadiri langsung kades berserta perangkat nya, BPD, ketua kelompok, berserta masyarakat. (ADV/RUDI)