Paripurna DPRD Bengkulu Utara Dalam Agenda Nota Pengantar RAPBD 2023

74

BENGKULU UTARA, PAKARNEWS.ID – DPRD Kabupaten Bengkulu Utara menggelar rapat paripurna dengan agenda penyampaian nota pengantar Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) tahun 2023 dari pemerintah daerah setempat, Selasa (8/11/2022).

Rapat dibuka oleh Ketua DPRD Bengkulu Utara, Sonti Bakara,SH selaku pimpinan yang didampingi Wakil ketua II Herliyanto Hazadin, setelah dinyatakan korum.

“Rapat paripurna penyampaian nota pengantar RAPBD 2023 dibuka dan terbuka untuk umum,” kata Sonti Bakara dengan suara yang cukup lantang di ruang sidang paripurna gedung DPRD Bengkulu Utara.

Sementara, Bupati Bengkulu Utara, Ir.H.Mian, dalam pidatonya menyampaikan, bahwa pengantar nota keuangan RAPBD tahun 2023 mencakup rencana pendapatan, rencana belanja dan rencana pembiayaan daerah untuk penyelenggaraan pemerintahan, pelayanan dan pemberdayaan masyarakat serta pelaksanaan pembangunan dengan memperhatikan kondisi perekonomian dan keadaan sosial masyarakat.

“Tujuan utama penyusunan pengantar Nota Keuangan Raperda APBD Tahun Anggaran 2023 adalah untuk memberikan gambaran terkait arah kebijakan pembangunan daerah yang dituangkan melalui program dan kegiatan, serta penentuan pengalokasian anggaran,” jelas Ir.H.Mi’an.

Sebagai pertanggungjawaban kinerja kepada masyarakat, Bupati Bengkulu Utara berharap pembahasan dan seluruh tahapan Raperda APBD 2023 dapat terlaksana dengan baik sehingga dapat ditetapkan sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

“Walaupun sumber keuangan kita terbatas, dengan kebersamaan serta komitmen yang sama dan kuat. Kita optimalkan sumber daya yang ada untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mengurangi angka kemiskinan, pengangguran serta peningkatan kuantitas dan kualitas infrastruktur. Kemudian, kami dari pihak eksekutif sangat berharap agar RAPBD Tahun 2023 dapat dijadikan Perda APBD Tahun 2023,″ tutup Ir.H.Mi’an.

Rapat paripurna dilanjutkan dengan penyerahan draf ranperda oleh Bupati Ir.H.Mian kepada pihak DPRD Bengkulu Utara melalui Unsur Pimpinan Dewan.

Kesempatan tersebut ketua DPRD Bengkulu Utara, Sonti Bakara, S.H, Mengucapkan terimakasih kepada saudara Bupati yang telah menyampaikan rancangan pelaturan daerah Bengkulu Utara hari ini.

“Kepada semua pihak maupun undang yang hadir hari ini, melalui pimpinan rapat kami mengajak untuk dapat mengikuti dan menghadiri agenda – agenda yang telah ditetapkan, sehingga tahapan pembahasan dapat terlaksana sesuai harapan dan tepat waktu sebagaimana diamanatkan oleh peraturan dan perundang – undangan,” tandas Sonti Bakara, S.H.(Adv/Heri)