Anggota DPRD Lebong Dorong Produksi Kopi Menembus Pasar Mancanegara

    363

    Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Daerah Pemilihan (Dapil) II Kabupaten Lebong kembali melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke sentra produksi kopi terbaik di Desa Semelako, Kecamatan Lebong Tengah. Rabu, 2 Maret 2022.

    Ketua Komisi III, Rama Candra dalam sambutannya mengatakan, sebagai penghasil kopi terbaik di Provinsi Bengkulu harus didorong dan kedepan kita akan coba dorong untuk dibangun kedai-kedai kopi agar halayak ramai bisa menikmatinya.

    “Kami sangat apreasiasi pengelola Kopi Robusta Tebo Lai dan semoga  mampu mengharumkan nama daerah dengan menembus pasar hingga mancanegara,” ujarnya.

    Ia melanjutkan, karena ini adalah produk lokal maka diharapkan semua hotel dan cafe di Lebong, harus menyuguhkan para tamunya dengan produk kopi Robusta Khas Lebong ini.

    “Kopi merupakan primadona Kabupaten Lebong, sehingga jika dimaksimalkan dapat mendongkrak ekonomi petaninya. Kebanyakan anak muda tidak mengerti bagaimana mengolah kopi dengan baik dan benar. Untuk itu kami mendorong peran anak muda untuk mengembangkan kekayaan intelektual khususnya berbasis kopi sehingga bisa memberi nilai tambah,” sambungnnya.

    Senada dengan Rama Candra, Pip Haryono berharap para pelaku dan pengusaha Kopi diharapkan memiliki improvisasi baik dalam pembuatan dan penyajiannya. Kesempatan yang sangat baik ini jangan sampai disia-siakan dan harus dimaksimalkan untuk belajar.

    “Kegiatan ini diharapkan ada rencana tindak lanjut, misalnya mendirikan kedai kopi, fokus pada proses roasting kopi atau yang lainnya, bagaimana memberikan nilai tambah pada kopi indikasi geografis Lebong itu sendiri,” tutupnya. (ADV)