Mempermudah Masyarkat Bayar Pajak Polres Lebong Sosialisasi Aplikasi Signal

657

Lebong – Polres Lebong melalui Satuan Lalu Lintas (SATLANTAS) Melakukan Sosialisasi Penggunaan Aplikasi “SIGNAL, ”Samsat Digital Nasional.

Aplikasi SIGNAL Merupakan Pelayanan Pengesahan STNK Tahunan, Pembayaran Kendaraan Bermotor (PKB) Dan Pembayaran Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ).

Secara Digital Aplikasi ini Memanfaatkan Pangkalan Data (DATABASE), Kendaraan Bermotor (Ranmor) Yang Dimiliki Polri, Pangkalan Data induk Kependudukan Yang Ada Pada Dirjen Dukcapil Kemendagri Dan Sistem informasi Pajak Kendaraan Bermotor Yang Dikelola Oleh Tiap-Tiap Bapenda Provinsi.

“Hal ini Di integrasikan Secara Nasional Sebagai Sebuah Sistem Kecerdasan Buatan (Artificial Inteligence Atau AI) Menggunakan Aplikasi Berjenis Mobile Platform Untuk Menyelenggarakan Pelayanan Kepada Masyarakat Secara Digital Sekaligus Mengakomodir Kepentingan Berbagai Pihak Yang Terkait (Bapenda, Jasa Raharja Dan Bank Pembangunan Daerah) Tanpa Mengabaikan Fungsi Pengawasan Regident Kepemilikan Kendaraan Yang Menjadi Salah Tugas Utama Polri.

Sistem Pada Aplikasi Signal Memungkinkan Untuk Dilakukannya Verifikasi identitas Pemilik Ranmor Dengan Melakukan Pencocokan Wajah (Face Matching) Pemilik Kendaraan Bermotor Sesuai Dengan Data KTP Elektronik Di Kemendagri.

AKBP. Andy Pramudya Wardana, S.IK, MM Melalui Kasat Lantas Polres Lebong AKP,Lilik Sucpto. Menerangkan Satlantas Bergerak Cepat Untuk Menjelaskan Pada Masyarakat Bahwa Di Era 4.0 Atau Perkembangan Zaman Teknologi interneting Saat ini Kemudahan Dalam Pembayaran Pajak Tahunan Kendaraan Bermotor Bisa dengan Menggunakan Aplikasi SIGNAL (Samsat Digital Nasional).

“Saat inikan Sudah Era Perkembangan Zaman Teknologi interneting, Kemudahan Dalam Pembayaran Pajak Tahunan Kendaraan Bermotor Bisa Menggunakan Aplikasi SIGNAL (Samsat Digital Nasional) Dan Masyarakat dapat Mendownload Di Play Store HP Androidnya Untuk mempermudah Pembayaran Pajak Kenderaan. ”Jelas Kasat.

Kasat Lantas Polres Lebong AKP Lilik Sucpto, Menambahkan Bersama Kanit Regident Satlantas Poles LebongBripka Tarmizi Taher Akan memberi informasi Kepada Masyarakat Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Bisa Dimana Saja, Kapan Saja Dalam Satu Genggaman Dan One Stop Service.

“Untuk Pembayaran Bisa Langsung Melalui Chanel Bank Bengkulu, BCA, BNI, BRI, BTN Dan Mandiri Tidak Mesti Datang Ke Samsat Semua ini Dilakukan Untuk Membantu Masyarakat ” Jelasnya. (Zaidi Habibi)