Jembatan Tanjung Agung Sudah Bisa Dilewati

258

Bengkulu Utara – Setelah dua hari ditutup lantaran dilakukan perbaikan, pagi kemarin jembatan Tanjung Agung Palik (TAP) sudah bisa kembali dilintasi. Ini setelah bagian penyangga jembatan belly diperpanjang dan dilakukan pergantian lantai berupa papan.

Hingga Sabtu (25/4) beberapa pekerja juga masih melakukan pergantian lantai. Sekalipun demikian kendaraan sudah diperkenankan melintas dengan pengaturan yang dilakukan pihak kepolisian agar tidak membahayakan pekerja.

Selain itu juga dipastikan jembatan darurat belly lebih kuat dari biasanya. Apalagi sudah dipasangi penyangga batang kelapa sehingga mengurangi goyangan jembatan yang bisa membuat jembatan patah kapan saja terutama di bagian tengah jembatan.

Kabid Bina Marga Dinas PUPR Provinsi Bengkulu, Septi Erwadi menuturkan perbaikan jembatan itu dilakukan  mengingat kondisi jembatan saat ini sudah sangat membahayakan. Makanya dilakukan renovasi jembatan darurat.  “Sembari menunggu pembangunan jembatan permanen yang akan segera dilaksanakan,” kata Septi.

Dinas PUPR Provinsi ditargetkan melakukan tayang lelang pembangunan jembatan TAP paling lambat pertengahan Mei. Diperkiraskan setelah Idul Fitri pembangunan jembatan bisa mulai dilakukan. “Sekarang masih mempersiapkan dokumen, tidak akan lama lagi mulai dilakukan pembangunan,” katanya.

Ia juga menuturkan jika pembangunan ditargetkan setelah paling lambat Oktober mendatang. Setelah jembatan permanen selesai, Pemkab BU akan mencopot jembatan darurat belly yang saat ini digunakan. “Kita yakin pembangunan akan selesai tepat waktu. Karena bagian tersulit yakni pembangunan pondasi sudah selesai tahun lalu. Tahun ini tinggal menyelesaian pembangunan,” pungkas Septi.

Sumber : Rakyat Bengkulu