KPU MukoMuko Turun Ke 15 Kecamatan Untuk Bimtek PPS

139

Muko muko –  Komisioner KPU Mukomuko,  Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, turun langsung kelapangan  dengan cara mendatangi setiap kecamatan di daerah ini guna untuk  memberikan bimbingan teknis (Bimtek) terkait Pemilihan Kepala Daerah kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS sekabupaten Mukomyko).

Komisioner KPU Mukomuko Mansur menjelaskan  “Mulai hari Rabu (24/6/2020) KPU memberikan bimtek kepada PPS dengan turun ke kecamatan sekabupaten mukomuko Sebanyak lima orang komisionar KPU dan satu kasubag yang memberikan bimtek untuk semua PPS yang tersebar di 15 kecamatan di sekabupaten mukomuko,” Ia mengatakan, KPU setempat mendatangi setiap kecamatan untuk memberikan bimtek atau pembekalan kerja kepada PPS karena menyesuaikan protokol kesehatan dalam menjalani aktivitas.

Ia menilai, Kegiatan KPU mendatangi setiap kecamatan untuk memberikan bimtek kepada PPS ini sangat efektif untuk mencegah berkumpulnya banyak orang dalam satu ruangan, selain itu sebagai upaya lembaga ini untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19  menjelang pelaksanaan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati di daerah Kabupaten muko muko.

Ia menjelaskan, pembekalan kerja kepada PPS yang dilantik pada bulan Maret 2020 lalu, baru bisa dilaksanakan saat ini setelah tertunda karena dinonaktifkan seiring dengan munculnya pandemi COVID-19.

PPS kembali diaktifkan pada 15 Juni 2020 setelah KPU mengumumkan dimulainya lanjutan tahapan pilkada yang sebelumnya ditunda.  Sebanyak 453 orang PPS yang tersebar di 148 desa dan tiga kelurahan di Mukomuko diaktifkan kembali.

Terkait dengan pihak yang memberikan bimtek atau pembekalan kerja kepada PPS ini, ia mengatakan, sebenarnya dilakukan secara bertahap oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Namun karena kondisi pandemi saat ini, membuat KPU turun langsung.

“Sebenarnya PPK bisa memberikan bimtek kepada PPS, tetapi ketika tidak ada ruang waktu KPU turun, sekarang ini ada ruang KPU untuk turun langsung meberikan pembekakan,”  Tutupnya. (Redaksi)