Persiapan SMP.N.15 Bengkulu Utara Menyambut Lomba 3B Antar Sekolah

277

Bengkulu Utara – Dalam rangka menyambut lomba 3B (Bersih,Bersinar, Berbunga) antar sekolah dari diknas bengkulu utara.smp N 15 bengkulu Utara berupaya menyiap kan segala yang membuat smp.n .15 Bengkulu Utara lebih bersih bersinar dan  berbunga

“Untuk pemilihan nya pun bertahap dan pemenang dari korwil masing-masing  akan di bawa ke pemilahan antar korwil, dan pemenang nya akan di umum kan pada hari hardiknas nanti”ucpan kepsek smp N15  Widodo S.pt, M.si

Dalam pembinaan dijelaskan kreteria penilaian maupun apa yang harus dipersiapkan terutama lingkungan sekolah harus bersih, indah, tertib, rindang, dan memiliki penghijauan yang memadai. Hal lain yang harus diperhatikan yakni masalah pengelolaan sampah tempat pembuangan serta air bersih terkontrol. Selain itu, kantin dan petugas kantin harus bersih dan rapi serta menyediakan menu gizi seimbang, sekalogus ruang kelas yang memenuhi syarat kesehatan (ventilasi/AC dan pencahayaan cukup), ruang serta peralatan UKS yang ideal. Beberapa dari kreteria tersebut menjadi persyaratan dalam mengikuti lomba sekolah sehat.

Selain itu, hal lain ditambahkan mengenai  sarana dan prasarana pembelajaran yang memenuhi standar kesehatan, kenyamanan dan keamanan, taman/kebun sekolah yang bisa dimanfaatkan serta kurikulum pembelajaran yang baik bagi tumbuh kembang siswa, dengan menerapkan kehidupan sekolah yang menjunjung tinggi nilai-nilai kekeluargaan, pola hidup bersih, higienis, dan sehat.

Sekolah sehat pada prinsipnya fokus pada usaha bagaimana membuat sekolah tersebut sehat secara lingkungan dan memperhatikan kesehatan peserta didik. Hal ini membuat sekolah sehat memungkinkan bagi setiap warga dapat melakukan aktivitas yang bermanfaat, memiliki nilai daya guna, dan berhasil.

“Peran UKS juga sangat penting,  Siswa yang sakit pertama kali dirujuk ke UKS untuk penanganan pertama. Oleh karena itu, UKS menjadi ujung tombak sejauh mana sekolah memerhatikan kesehatan peserta didik.Tutup nya.( Redy)