Menjaga Kebugaran Ditengah Pandemi Covid-19

97

BENGKULU – Polda Bengkulu melalui Polwan serta Bhabinkamtibmas terus mengedukasi masyarakat untuk menerapkan hidup sehat. Utamanya di masa pandemi virus Corona Kebugaran tubuh merupakan salah satu tameng untuk menangkal virus Corona (Covid-19). Tubuh yang bugar akan membentuk sistem imun yang kuat sehingga tidak mudah terinfeksi.

Seperti yang dilansir detikhealth.com berdasarkan Praktisi olahraga yang juga pengajar Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta (UNJ), dr Arie Sutopo, SpKO menyebut ada 4 kunci untuk menjaga kebugaran fisik dan mental. Keempatnya adalah sebagai berikut:

  1. Istirahat yang cukup

Menurut dr Arie, idealnya seseorang tidur 6-8 jam sehari. Kelelahan karena kurang tidur bisa membuat tubuh mudah drop.

  1. Nutrisi yang seimbang

Tidak kalah penting, pola makan juga harus diatur. Salah satu nutrisi yang tidak boleh terlupakan adalah vitamin.

  1. Olahraga

Olahraga secara teratur dengan intensitas ringan-sedang akan memberikan banyak manfaat bagi daya tahan tubuh. Disarankan tidak melakukan olahraga beregu agar bisa #jagarak dan menghindari kerumunan.

  1. Jauhi stres

Kebugaran fisik juga harus didukung dengan kebugaran mental. Pandemi memang sangat membebani kejiwaan, tetapi usahakan jangan terlalu stres karena bisa menyebabkan daya tahan tubuh menurun.

Kabid Humas Polda Bengkulu Kombespol. Sudarno, S.Sos MH mengatakan dalam internal Polda Bengkulu sudah sejak lama menerapkan pola hidup sehat seperti olahraga bersama.

“dengan mencontohkan olahraga seperti bersepeda setiap minggunya diharapkan masyarakat terstimulasi mengikuti gaya hidup sehat ini”, Imbuhnya.