Bengkulu Maju, Sejahtera, dan Hebat Perlu Dukungan Semua Masyarakat

276

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Bengkulu Tahun 2021-2026, untuk mewujudkan Bengkulu Maju, Sejahtera dan Hebat dilaksanakan di Grage Horizon, Kamis (20/5).

Gubernur Rohidin Mersyah menyampaikan RPJMD merupakan terjemahan dari visi-misi Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu dalam tahap pencalonan lalu. Dan disusun melalui RPJMD, di mana seluruh masyarakat dapat ikut berpartisipasi menyampaikan usulan pembangunan.

“Pada RPJMD ini, beberapa program kerja prioritas dan unggulan disusun sesuai dengan visi-misi Gubernur. Kita berharap, bagaimana program itu bisa memajukan Bengkulu, bisa mensejahterakan rakyat sekaligus mencapai prestasi sehingga Bengkulu itu bisa lebih hebat, dan memiliki keunggulan. Kemudian, masyarakat juga dapat ikut andil menyampaikan usulan untuk Bengkulu Maju, Sejahtera dan Hebat,” ujar Gubernur Rohidin usai acara.

Lebih lanjut, menurut Rohidin masih terdapat beberapa program infrastruktur nasional yang tahapannya masih berlangsung, dan akan terus dikebut sehingga dapat segera dirampungkan.

“Masih banyak program pembangunan nasional seperti Tol, pengembangan bandara, pelabuhan, peningkatan status IAIN, pembangunan lapangan udara TNI AL perlu terus dikawal dan disinergikan perencanaannya bersama Kementerian Bappenas. Sehingga, dapat segera tuntas dalam lima tahun mendatang,” terang Gubernur Bengkulu ke-10 ini.

Kemudian, untuk program strategis regional Bengkulu seperti koneksivitas kabupaten/kota, kemudian jalan penghubung dengan provinsi tetangga. Termasuk industri pengolahan produksi perkebunan, sampai pengelolaan birokrasi, sistem perizinan, dan sistem reward punishment turut dibahas, agar kinerja dan akselerasi pembangunan berjalan baik.

“RPJMD ini disajikan secara lengkap, dihadapan seluruh pemangku kepentingan pusat, hingga daerah serta Akademisi, NGO, startup, hingga teman-teman Media. Dibuka ruang secara luas melalui website, untuk seluruh masyarakat silakan sampaikan kalau ada koreksi terhadap program prioritas dan program unggulan agar ini menjadi dokumen yang harus kita kerjakan selama satu periode,” tutup Gubernur.