Kelompok Tani Sinar Harapan Gotong Royong Perbaiki Irigasi

494

Bengkulu Utara,Pakarnews.id – Sejumlah warga kelompok tani sinar harapan di Desa Taba Baru Kecamatan Lais Kabupaten Bengkulu Utara, bergotong royong memperbaiki jebolnya saluran irigasi. Rusaknya saluran irigasi itu mengancam 20 hektare lahan pertanian sawah milik warga.

Warga turun tangan secara swadaya melakukan perbaikan dengan alat dan bahan matrial seadanya untuk menambal kerusakan akibat luapan air yang terjadi sepekan yang lalu. Mereka juga berharap Pemerintah Daerah (Pemda) melalui dinas terkait segera memperbaiki irigasi atau tanggul yang jebol tersebut.

“Irigasi yang jebol ini mengaliri lahan pertanian sawah warga kurang lebih 20 hektare, jebol akibat meluapnya sungai, sehingga saluran air yang biasa mengaliri lahan pertanian sawah warga tidak teraliri air, area pesawahan terancam kering,” kata Musidin Ketua Kelompok tani sinar harapan, Kamis (12/5/2022).

Menurut Musidin, saat ini warga desanya mayoritas beraktivitas sebagai petani padi, sayur mayur,sanggat memerlukan aliran air untuk kebutuhan pertumbuhan tanaman kami.

Pantauan Wartawan Pakarnews.id, warga menggunakan batu yang disusun sedemikian rupa untuk menutup saluran air dan mengarahkan aliran air ke lahan-lahan pertanian sawah

Musidin  juga berharap pemerintah bisa memperhatikan irigasi uang mengaliri persawahan warga desa taba baru kecamatan Lais bengkulu Utara.tutupnya. (Redy).