Jaga Stabilitas Harga Kebutuhan Pokok Selama Bulan Ramadan, Pemprov Buka Pasar Murah

99

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) menggelar Pasar Murah dalam rangka menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok selama bulan Ramadan sekaligus menyambut Hari Raya Idulfitri 1442 H/2021 M.

Pasar Murah yang dilaksanakan di 10 kabupaten & kota se provinsi Bengkulu dilaksanakan secara bergiliran sesuai jadwal Safari Ramadan Gubernur Rohidin Mersyah & Wakil Gubernur Rosjonsyah.

Hari ini (20/04), kegiatan Pasar Murah ini dilaksanakan di Pasar Desa Lubuk Pinang dan dibuka oleh oleh Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Mukomuko.

Masyarakat menyambut antusias dengan beramai-ramai mendatangi stand Pasar Murah untuk membeli kebutuhan pokok dengan harga murah. Pasar Murah terselenggara atas kerjasama dengan pihak Bulog dan Tim Penggerak PKK Kabupaten Mukomuko.

Tak hanya menjual kebutuhan pokok seperti minyak, telur, tahu dan gula, kegiatan Pasar Murah tersebut juga menjual aneka makanan khas lokal.

Menurut Kepala UPTD Pembinaan dan Pengawasan Mutu Barang Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Provinsi Bengkulu Wilysa Mardani mewakili Kepada Dinas Perindag, menyampaikan bahwa program Pasar Murah ini sudah berjalan di dua titik kabupaten, dan Mukomuko sebagai kabupaten ketiga setelah Kabupaten Bengkulu Selatan dan Bengkulu Utara.

Dengan adanya pasar murah ini, tambah Wily, diharapkan dapat menjaga harga kebutuhan bahan pokok sehingga tidak mengalami kenaikan. Tentunya juga diharapkan dapat membantu masyarakat memenuhi kebutuhan barang pokok dengan harga terjangkau.

”Kami laksanakan dengan bentuk partisipasi, kerjasama dengan distributor, Bulog dan bekerjasama dinas-dinas yang terkait. Penerapan protokol kesehatan selama pasar murah sangat kami prioritaskan. Masyarakat tak hanya dapat berbelanja dengan harga distributor tetapi produk UMKM juga dapat dipromosikan di pasar murah,” ujar Wily.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Kabupaten Mukomuko Herlian mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Bengkulu yang telah melaksanakan Pasar Murah di Kabupaten Mukomuko. Pasar murah ini dinilai sangat bermanfaat untuk masyarakat Kecamatan Lubuk Pinang.

“Alhamdulillah program pasar murah sangat bermanfaat bagi kami. Saya mewakili pemerintah daerah dan masyarakat mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Bengkulu. Semoga dapat terus berkelanjutan,” tutup Herlian.