Gubernur Rohidin Dorong Warung Kopi Digital Setiap Desa

309

Program Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah terhadap kebijakan strategis mendorong geliat perekonomian pelaku UMKM Bengkulu, hingga saat ini terus dimaksimalkan.

Salah satunya dengan pemberdayaan “Warung Kopi Digital”, yang merupakan turunan konsepsi atas gabungan program pemerintah pusat yaitu antara Desa Digital dengan Desa Wisata.

Terkait kebijakan strategis ini, Gubernur Rohidin meminta kepada Dewan Pengurus Daerah (DPD) Himpunan Pengusaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia (HIPMIKIMDO) Provinsi Bengkulu untuk fokus mendukung program Warung Kopi Digital tersebut.

Selain juga diharapkan mampu mendorong kemajuan perekonomian para pelaku UMKM Bengkulu dengan rencana program strategis DPD HIPMIKINDO lainnya atas jalinan kerjasama dengan instansi berkompeten lainnya, seperti dengan beberapa pihak BUMN.

“Jadi itu bisa kita padukan dan ketika setiap desa memiliki Warung Kopi Digital, maka di situ nanti fungsi ekonomi UMKM dan perbankannya jalan, kemudian fungsi digitalisasi sebagaimana di era pandemi juga berjalan,” jelas Gubernur Rohidin usai kukuhkan pengurus DPD HIPMIKIMDO Provinsi Bengkulu periode 2022-2025, di Gedung Daerah Balai Raya Semarak Bengkulu, Rabu (16/06).

Lanjut Gubernur Bengkulu ke-10 ini, bukan justru membuka warung kopi baru, kebijakan strategis Warung Kopi Digital ini dengan cara meng-upgrade warung kopi di persimpangan desa yang telah lama ada.

“Nah ini kalau digerakkan oleh HIPMIKIMDO Bengkulu, kopi Bengkulu bisa terangkat dan ekonomi masyarakat juga menggeliat. Ini akan kita duplikasi di semua desa,” imbuhnya.

Diketahui, hingga saat ini Warung Kopi Digital yang telah berjalan yaitu berada di Ketahun Kabupaten Bengkulu Utara dan beberapa titik di Kabupaten Kepahiang yang dalam waktu dekat akan dilaunching.

“Jika tidak ada perubahan sekitar November tahun ini, Warung Kopi Digital Bencoolen Coffee akan kita launching di kawasan perkantoran Malaysia, Putra Jaya. Karena ada 3 titik sudah berjalan di Kuala Lumpur, sehingga perdagangan kopi Bengkulu masuk kelas dunia,” pungkas Rohidin.

Sementara itu, Ketua Umum DPP HIPMIKIMDO Laurensius Manurung mengatakan, pihaknya memiliki visi misi mewujudkan UMKM bertumbuh, berkembang mandiri dengan kualitas produk yang baik serta dapat bersaing di tingkat nasional maupun internasional.

“Jadi kami HIPMIKIMDO mempunyai beberapa program unggulan, diantaranya menyiapkan market place digital bagi produk UMKM, pelatihan SDM dan dukungan terhadap akses permodalan,” ungkapnya.

Selain itu, terhadap permintaan dukungan Warung Kopi Digital, disampaikan Ketua DPD HIPMIKIMDO Provinsi Bengkulu Sylvia Chaerani Nur, pihaknya akan menindaklanjuti hal tersebut.

“Jadi prinsipnya kita siap mendukung kebijakan atau program pemerintah daerah. Tahap awal kami akan berkoordinasi dengan dinas teknis dan pihak terkait lainnya,” ujarnya.