Empat Perawat RSUD Argamakmur Reaktif Rapid Test

172

Bengkulu Utara – Puluhan perawat di RSUD Argamakmur melakukan Rapid Test guna mewaspadai penyebaran virus Corona. Hasilnya 4 orang dinyatakan Reaktif Rapid Test. Hal ini di sampaikan oleh Kadis Kesehatan Kabupaten Bengkulu Utara Samsul Muarif.

“Iya total ada 4 orang sama yang kemaren. Yang hari ini ada 3 orang yang reaktif dari hasil rapid tes yang dilakukan pada hari Sabtu, 2 Mei 2020, Ujar Samsul

Ditambahkan Samsul bahwa mereka yang reaktif akan di isolasi di wisma atlet sampai menunggu hasil swab yang akan di kirim ke palembang.

Untuk diketahui bersama Rapid Tes adalah metode skrining awal untuk mendeteksi antibodi, yaitu IgM dan IgG, yang diproduksi oleh tubuh untuk melawan virus Corona. Antibodi ini akan dibentuk oleh tubuh bila ada paparan virus Corona.

Dengan kata lain, bila antibodi ini terdeteksi di dalam tubuh seseorang, artinya tubuh orang tersebut pernah terpapar atau dimasuki oleh virus Corona. Namun perlu Anda ketahui, pembentukan antibodi ini memerlukan waktu, bahkan bisa sampai beberapa minggu.

Jadi, rapid test di sini hanyalah sebagai pemeriksaan skrining atau pemeriksaan penyaring, bukan pemeriksaan untuk mendiagnosa infeksi virus Corona atau COVID-19.

Tes yang dapat memastikan apakah seseorang positif terinfeksi virus Corona sejauh ini hanyalah pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR). Pemeriksaan ini bisa mendeteksi langsung keberadaan virus Corona, bukan melalui ada tidaknya antibodi terhadap virus ini.(Red)