Pemdes Talang Rasau Laksanakan Pelatihan Dan Bimbingan Penyusanan RPJMdes

153

Bengkulu Utata,Pakarnews.id – RPJMDes. Yang merupakan rancangn pembangunan desa pada periode 2023 – 2028, Pemdes Talang Rasau, Kecamatan Lais, Kabupaten Bengkulu Utara (BU) yang dipimpin Kades, Sri Rosmawar didampingi Sekdes, Lasmantoni S.Pd. dan ketua BPD, M.Hata. SH.

Selasa (20/9/2022), melaksanakan agenda Pelatihan dan Bimbingan teruntuk tim 11 itu, terbagi empat bidang, yakni Bidang Pemerintahan, Bidang Pemberdayaan, Bidang Pembangunan dan Bidang Pembinaan. Dengan terlaksananya pelatihan ini, Kades berharap tim RPJMDes dapat bekerja sesuai dengan tupoksinya masing-masing.

Dari DPMD melalui Penggerak Swadaya Masyarakat, Bimbo Muharam, S.Sos sebagai narasumber Pelatihan dan Bimbingan, didampingi dari tim kecamatan, Camat Lais H. Hikman, SH didampingi Kasi PMD, Joni, sekaligus pendamping desa yang berkesempatan hadir dalam pelatihan RPJMDes ini.

Dari tim pemateri, Bimbo Muharam menyampaikan, “dari tim ini mampu menyelesaikan RPJMDes dengan cepat dan tepat sasaran karna kita juga dikejar waktu sampai tanggal 28 Oktober mendatang, dokumen itu sudah jadi,” terang Bimbo.

Lebih jauh dikatakannya, RPJMDes ini berbasis SDGs desa, jadi untuk pengimputan data itu dari tim teknis pendamping kabupaten, pendamping desa tingkat kecamatam dan PLD, dan pelatihan dari DPMD ini, memberi gambaran umum dan masukan program pembangunan untuk di desa, yang disesuaikan dengam kapasitas desa masing-masing, maka dari itu dengan bimbingan ini mengimput apa yang benar-benar terjadi di desa setempat.(Adv/Redy)