Pemdes Marga Mulya Sakti Lakukan Pelatihan Budidaya Ikan dan Peternakan

183

Mukomuko,Pakarnew – Program ketahanan pangan menjadi salah satu hal yang terus diperhatikan pemerintah. Hal ini tak semata-mata bicara tentang ketersediaan produk pertanian, perikanan dan peternakan yang melimpah saja, tapi juga menjadi upaya untuk mengatasi berbagai permasalahan di tengah masyarakat.

Merujuk pada pasal 5 Peraturan Presiden No. 104 tahun 2021 tentang Rincian APBN Tahun 2022 disebutkan, dana desa penggunaannya antara lain untuk program ketahanan pangan dan hewani, paling sedikit 20 persen. Dengan peruntukannya program ketahanan pangan dan hewani, perlu dioptimalkan.

Untuk itu, Pemdes Marga Mulya Sakti bersama Dinas Perikanan, Amazbas Novyan.S.pi.Msi. Sekertaris dinas perikanan pembina budidaya ikan Drh.Zairan Arifin, Penata dokter hewan, Siti UluL maramah S.p.t) Dtap bidang kesehatan pertenakan Kabupaten Mukomuko lakukan pelatihan peternakan dan perikanan dalam program ketahanan pangan di Desa Marga Mulya Sakti Kecamatan  Penarik Kabupaten Mukomuko

Pelatihan dihadiri oleh Camat Penarik,  Peserta dan beberapa peternak dan pembudidaya se-Desa Marga Mulya Sakti yang bertempat di aula Desa Marga Sakti Mulya Kecamatan Penarik Kabupaten Mukomuko Selasa, (29/3/2022).

Dengan adanya program ketahanan pangan dan hewan. Maka, para peternak dan pembudidaya Ikan Nila dan Emas di Desa Marga Mulya harus bisa mengoptimalkan usahanya supaya bisa berkembang.

“Selain usahanya berkembang nantinya bisa menyerap lapangan kerja dan peningkatan ekonomi di daerah”, ujar Kepala Desa , Suhartono(ADV/Dedek Hela).