Pemdes Lubuk Tanjung Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas Dan Pungsi BPD

145

Bengkulu Utara,Pakarnews – Guna meningkatkan kinerja dan kapasitas Pengurus BPD dan Lembaga Desa, Pemerintah Desa Lubuk Tanjung, Kecamatan Air Napal, Kabupaten Bengkulu Utara menggelar kegiatan peningkatan kapasitas pengurus BPD dan Lembaga Desa. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Aula Desa Lubuk Tanjung digelar pada hari kamis tanggal 13 Agustus 2020.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Desa Lubuk Tanjung, Seluruh Pengurus BPD dan Perangkat Desa Lubuk Tanjung, serta perwakilan Pengurus Lembaga Desa. Dalam sambutanya Kepala Desa Lubuk Tanjung, Rudi Agustri mengatakan, kegiatan ini bertujuan agar semakin meningkatkan kapasitas pengurus BPD dan Lembaga Desa serta Perangkat Desa dalam proses penyelenggaraan pemerintah Desa, khususnya dalam hal pelaksanaan perencanaan pembangunan Desa.

“Semoga dengan pelatihan ini bisa membawa Perangkat Desa dan Lembaga Desa lebih baik lagi,” kata Rudi

Dalam penyampaiannya, pihak dari DPMD Kabupaten Bengkulu Utara, Bogi Ertanto, menjelaskan bahwa regulasi pemerintahan harusnya telah di fahami oleh semua aparat Desa agar semakin meningkatkan kinerja aparatur Desa itu sendiri. Terkhusus dalam hal pelaksanaan perencanaan pembangunan Desa, dengan perencanaan yang matang pembangunan dan pemberdayaan di Desa akan merata.

Fahmi sebagai pemateri kedua lebih banyak menjelaskan tentang alur perencanaan pembangunan Desa, mulai dari alur penyusunan RPJM Desa, penyusunan RKP Desa dll.

Beliau menyampaikan materi terkait dengan tugas pokok dan fungsi BPD. Dalam pemaparannya beliau juga menyinggung tentang payung hukum yang menjadi landasan gerak BPD. Selain itu beliau juga menjelaskan terkait dengan peran BPD dalam pelaksanaan pembangunan Desa, peran BPD dalam perencanaan pembangunan Desa, dan peran BPD dalam pemantauan hasil pembangunan Desa.

Acara ini di hadiri BPD , Ketua, Mutadin AZ, Sekretaris,Ramdani Halian, serta anggota lain nya dan lembaga desa serta perangkat desa Lubuk Tanjung. ( Ujang,S)