DPRD BU Apresiasi Pemkab Raih WTP 6 Kali Berturut-Turut

92

Bengkulu Utara, Pakarnews.Id – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bengkulu Utara menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah daerah yang telah meraih predikat Opini Wajar Tanpa Pegecualian (WTP) 6 (Enam) kali secara berturut-turut dari BPK RI.

Apresiasi tersebut mencuat dalam rapat paripurna DPRD Bengkulu Utara dengan agenda penyampaian kata akhir fraksi atas Ranperda tentang Perlindungan Lahan Pertanian, Pangan Berkelanjutan (PLP2B) pada Jum’at malam (14/4/2023).

Mayoritas beberapa anggota DPRD Bengkulu Utara berpandangan, raihan WTP untuk ke enam kalinya secara berturut-turut tersebut

membuktikan bahwa pemerintah daerah memang betul-betul serius mengelola keuangan sesuai ketentuan perundangan yang berlaku.

Apresiasi pertama datang dari anggota DPRD fraksi Gerindra. Ia juga berharap capaian WTP ini agar dipertahankan hingga tahun berikutnya. “Selain  WTP dapat dipertahankan, kami juga merasa bangga karena pemkab Bengkulu Utara dapat WTP enam kali berturut,” ujar Rizal Sitourus.

Senada apa yang telah dikatakan dari beberapa anggota Dewan lainnya yang hadir dalam rapat paripurna.

Sejumlah anggota DPRD Bengkulu Utara berpandangan, capaian WTP 6 kali berturut-turut menandai kinerja aparatur pemerintah daerah dilakukan dengan transparan, akuntabel, demokratis serta tata kelola keuangan daerah yang baik.

“Namun demikian, predikat itu tetap akan menjadi tantangan bagi pemerintah daerah di tahun berikutnya agar dapat dipertahankan,” ungkap Tommi Sitompul dari partai Golkar.

Selain memuji kinerja pengelolaan keuangan daerah, peningkatan PAD juga menjadi saran dari mayoritas para anggota DPRD. Mereka menekankan agar pemerintah daerah lebih mengoptimalkan sumber sumber PAD, seperti sektor pariwisata, pertanian, perikanan, perdagangan dan sebagainya. (ADV)