Desa Batu Layang Salurkan 8% Dana Desa  Untuk Antisipasi Dan Pencegahan Virus Covid-19 Serta Salurkan BLT DD

119

Bengkulu Utara – Dalam upaya untuk memutus mata rantai peyebaran Covid-19, Pemerintah Desa Batu Layang Kecamatan Hulu Palik Kabupaten Bengkulu Utara membagikan masker Hand sanitzer dan melakukan penyemprotan ke setiap rumah masyarakat dan langsung Menyalurkan Bantuan BLT DD untuk 8 KPM Desa Batu Layang, Selasa (11/5/2021).

Kepala Desa Batu Layang Iskandar Zulkarnain, Mengungkapkan kami hari ini dari pemerintah desa melaksanakan pembagian masker, Hand sanitizer dan penyemprotan ke rumah  masyarakat seta menyalurkan BLT DD untuk 8 KK (Kepala Keluarga) yang ada di Desa Batu Layang.

“ Masker, Hand sanitizer dan Penyemprotan yang kita lakukan ke masing-masing Rumah masyarakat Desa Batu Layang  Khususnya “, jelasnya.

Tujuannya adalah agar masyarakat di Desa Batu Layang bisa terantisipasi dari virus Covid-19. dan kami dari Pemdes selalu mengingatkan kepada masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan serta mamfaatkan lah bantuan BLT DD ini untuk keperluan sehari-hari.

Lebih lanjut, ia juga menuturkan bahwa 8% dana Desa yang dapat digunakan untuk pencegahan penyebaran Covid-19. Kebijakan tersebut tertuang dalam surat edaran DJPK Kementerian Keuangan/Kemenkeu nomor 2 tahun 2021.

pembagian masker,Hand snitizer dan penyemprotandan penyaluran BLT DD  ini bersumber dari dana desa yang dianggarkan untuk pencegahan Covid-19. Dan kami melakukan aksi ini bersama semua lapisan lembaga yang ada di desa dan pendamping desa yang ada di Desa Batu Layang untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Camat Hulu Palik, Zainal menjelaskan, penanganan pandemi Covid-19 dengan memakai dana Desa juga diatur dalam Instruksi Kementerian Desa/Inmendesa nomer 1 tahun 2021. Dalam Inmendesa tersebut menyebutkan dana Desa dapat digunakan untuk PPKM skala mikro dengan kewenangan Desa. Begitu pula pada Instruksi Kementerian Dalam Negeri/Inmendagri nomer 3 tahun 2021 yang mengintruksikan pembentukan posko penanganan Covid-19 tingkat Desa.

“ Kami juga meminta kepada seluruh masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dengan selalu menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer, menjaga jarak dan  mengkonsumsi makanan sehat Untuk 8 KPM gunakanlah uang ini untuk keperluan sehari-hari “, pungkasnya

Dalam acara ini terlihat hadir Camat Hulu Palik Zainal, Babinkantipmas,BPD beserta Anggota, Babinsa, Perangkat Desa dan masyarakat Desa lainnya.(Uajang.S).